My Comunity

Komunitas Blogger Wajo

Home » » Puisi danauku riwayatmu kini

Puisi danauku riwayatmu kini



DANAUKU RIWAYATMU KINI
Karya: M.Jafar ZM

Dulu aku bisa tersenyum lebar
Aku bisa bernyanyi riang
Aku bisa menyaksikan burung-burung terbang melayang
Dengan kepakan sayap yang bercorak leka
Riuh oleh kicauan merdu beraneka
Itulah nuansa danauku, danau tempe

Aku bisa bernafas lega
Aku bisa hidup bermakna
Karena danauku menyajikan ikan-ikan pilihan yang melimpah
Aku bisa berenang riang dalam air biru yang jernih
Aku bisa beranjangsana menghapus lelah dan penatku
Tempat yang damai melenyapkan segala gundah dan pilu
Aku bangga dengan danauku

Danauku, senantiasa dikenang dan terukir dalam sejarah
Namun keadaanmu kini perlahan mulai sirna dan dilupakan
Terpendam kenangan bersama lumpur-lumpur
Yang terus membenam dan menghampar danauku
Danauku tak lagi seindah sediakala

Danauku kehilangan cirri, kehilangan rona, kehilangan nama
Aku sedih, aku resah menatap wajahnya yang semakin pucat pasi
Siapakah biang semua ini?
Bukan siapa-siapa, bukan….
Melainkan kita semua, kalian semua…..
Kita telah mencampakannya
Kalian telah melumatkannya

Danauku letih, danauku gerah, danauku marah
Marah dengan ketamakan kita semua, keangkuhan dan egoistis

Saatnya kini kita terjaga
Membangun keinsyafan abadi
Untuk mencintai dan menata lingkungan yang serasi
Sebagai pewaris leluhur  buat generasi

Hai…saudara-saudaraku….
Kembalikan rona dan nuansa danauku
Balutlah semua luka-lukanya yang menganga dan akut
Den gan kearifan pikiran dan kesadaran nyata
Agar danauku kembali menggeliat dan lestari
Sengkang, 5 Maret 2009

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Labels