My Comunity

Komunitas Blogger Wajo

Home » » Drama Non-Fiksi

Drama Non-Fiksi



“Bukan Salah Takdir”

Kebersamaan merupakan suatu moment yang sangat memiliki arti penting untuk menjadi suatu memori indah disaat kita terpuruk dalam kegelapan dan kesunyian, mengenang segala moment terindah dapat mengobati rasa pilu yang mengiris belahan jiwa dan raga ini. Dalam kebersamaan membuat segala hal menjadi lebih indah, masalah yang sangat risau bisa teratasi apabila bersama kebersamaan.tetapi sangatlah sulit apabila menghadapi segala hal dengan ketidakselarasan dan keharmonisasian, ini semua akan menimbulkan masalah dan konflik.hal serupa terjadi pada kelas akselerasi 2 yang bertempat di spensix. Kelas akselerasi ini tiada hari tanpa kekacauan dan keributan yang terjadi, karena adanya keegoisan yang dimiliki oleh setiap siswa, mungkin karena mereka  merasa telah memiliki keperibadian yang sangat luar biasa dan timbul rasa untuk menjadi siswa yang paling eksis di sekolah.suatu ketika, akan dilaksanakan porseni guna meningkatkan kebersamaan, inovasi, dan inovatif dalam rangka membangun insan yang mandiri.
......................................................................
Babak 1
Dillah   : Pagi guys, apa kabar ?
Aris      : penting gue kasi tau ama kamu ? nggak kan !
Dillah   :aku kan Cuma nanya, lagi pula aku nggak nanya kamu ajah !(memalingkan wajah)
Vivi      : wah, panas banget yah cuaca hari ini !
Aris      : so i must say wow like that ? wow...!
Vivi      : E.G.P, emang gue pikiran !
Ruly     : kamu kenapa sih ris, dillah kan cuman nanya ajah. Lagi pula dia nggak nyanya dan nyapa kamu ajah...kalau jawab dengan baik-baik kan, enak kedengarannya !
Aris      :terus apa mau kamu...aku minta maaf sama dia ? heh...sorry layaw ! tidak akan !
Ruly     :huh...kamu tuh belaga banget sih !
Aris      :terserah !
Dillah   :udah ruly, nggak penting ngurusin orang seperti dia !

Tiba-tiba datanglah ahmad dan ardy  yang ingin masuk ke kelas, dan pada waktu itu dillah masih berdiri di depan pintu, dan akhirnya ahmad pun mendorong dillah hingga dillah terjatuh.
Dillah   :aw...aduh lututku sakit banget, heh mad kalau mau masuk yah masuk ajah.nggak usah dorong-dorong seperti ini.kan lututku jadi memar.
Ahmad :loh, kok jadi aku yang disalahin.kamu nya ajah yang ada di depan pintu.yah aku dorong deh !
Dillah   : tapi lututku kan jadi sakit. Lain kali, aku tidak mau lagi melihat kejadian seperti ini.kamu harus minta maaf aku !
Ahmad : hahaha, siapa kamu ?bos ?dasar bekas orang sinting !
Dillah   : aku lagi nggak main-main yah, aku serius.nih, lututku memar pokoknya kamu harus tanggung jawab !
Ahmad : mau tanggung jawab dengan cara apa ?sudahlah, nggak usah sandiwara deh. Basi...kayak di sinetron ajah deh !lebay !
Vivi      :heh, udah-udah...bosan tau nggak sih,  dengar kalian bertengkar terus.kenapa sih kita tidak pernah akur dan damai.sebentar lagi kan, kita mau mengikuti porseni.pokoknya aku tidak mau tahu.kita harus menang !
Ahmad :heh, mimpi apa kamu semalam?hahaha…bagaimana mau menang kalau caranya seperti ini.damai ajah tidak.huh...semuanya basi !
Dillah   :kalau feeling aku sih, semuanya pasti bisa kita lalui asalkan kita mau bersatu ajah.aku jamin kalau kita bisa menang, yang terpenting harus bersatu dulu !gimana ?
Aris      :tidak, aku tidak mau bersatu, pokoknya kita jalanin sendiri-sendiri ajah.titik !
Dillah   :siapa kamu, enak ajah mengatur-ngatur secara sewenang-wenang begitu.dimana-mana, kalau mau mengikuti ajang seperti ini, harus bekerja sama dengan baik.
Vivi      : ris, kamu itu aneh banget sih. Memangnya kalau kita jalanin sendiri-sendiri, semua akan menjadi lebih baik.mustahil ris !
Ahmad : begini nih, orang yang mengaku dirinya paling ok !tingkahnya aneh, otaknya miring !
Aris      : heh, jaga yah omongan kamu.berani  kamu mengatakan hal seperti ini lagi padaku, aku sikat kamu !
Ahmad : mau sikat pakai apa ?sikat wc ? hahaha…!
Ardi     : stop !sudahin dulu dong masalahnya.kan kasian kelas kita kalau bercerai-berai begini.hentikan keegoisan kalian dulu.ris, ikutin ajah lah kemauan teman-teman.lagi pula ini kan demi kelas kita.
Ruly     : betul itu !nah, sekarang kita pikirkan langkah yang pertama yaitu, kita mempersiapkan segala hal yang menyangkut dengan profil kita nanti.seperti ?
Dillah   : baju, bendera, dan spanduk. Iya kan ?
Vivi      : benar sekali itu !nah, kapan kita membuat rancangannya ?
Dillah   : tenang semuanya !aku sudah mempersiapkan rancangannya, dan mudah-mudahan kalian semua setuju dan menyukainya.tunggu dulu yah, aku akan mengambil rancangannya !
Ahmad : cepat, aku mau lihat.aku sudah tidak sabar ingin melihatnya.
Dillah   : iya-iya. Tunggu, sabar sedikit dong !
Dillah pun mengambil rancangan profil yang sudah ia buat di dalam tasnya.
Ahmad : aduh, lama banget sih, cepatan dikit dong.
Ardi     : ya sabar dong mad, dillah kan masih mencarinya !
Ahmad : ngapain kamu ceramahin aku, aku itu tidak butuh ceramah dari kamu.sok banget !
Ardi     : apa-apaan sih kamu mad, aku kan cuman !
Ahmad : cuman apa ?memangnya beranikamu sama aku ?
Ardi     : jangan begitu dong.mentang-mentang kamu pintar sehingga kamu berbuat semena-mena sama aku.
Ahmad : kenapa kalau aku pintar, kamu iri sama aku.terus kalau aku pintar masalah buat kamu ?
Dillah   : kenapa sih kalian berdua ?mad, sabar dong, aku kan sedang mencarinya.
Vivi      : ini semua itu karena kamu dillah.kamu lama banget ambil rancangannya.kan jadi begini !
Dillah   : kok jadi salahin aku sih vi, tidak usah banyak bacot deh kamu.bukannya meredamkan suasana, eh malah buat suasana jadi panas.
Vivi      : terus mau kamu apa ?aku itu tidak suka bertengkar.jadi tidak usah sok melawan aku.mengerti kamu ?
Dillah   : kalau tidak, kenapa ?
Ruly     : aduh, ya tuhan kenapa sih semuanya jadi begini.
Vivi      : ini gara-gara dia ruly.
Dillah   : terserah !
Seketika keadaan mulai meredam dan pada waktu itu pula vivi berkata.
Vivi      : aku heran deh, kenapa sih kita itu selalu bertengkar.ini semua karena salah takdir.coba ajah kalau kita takdir kita baik, kan kita jadi akur.
Ruly     : iya yah.kenapa kita selalu bertengkar ?dari awal kita dipertemukan di kelas ini, kita itu selalu saja dilimpahkan pertengkaran.andai saja takdir berkata lain.
Ardi     : kalian mau tahu, kenapa kita selalu bertengkar ?ini semua karena hawa nafsu kita yang tak terkendali.semenjak kita naik kelas, kita itu selalu saja bertengkar.itu karena adanya perasaan buruk yang muncul pada diri kita masing-masing dan tingkat keimanan kita juga rendah.kita harus terima takdir kita !
Ahmad : mulai lagi deh ceramahnya.sakit telinga aku mendengarnya, mending aku main game saja.
Aris      : apa kamu bilang ?mau main game ? silahkan main game, asalkan kamu harus siap-siap saja dimarahin sama bu murni.mau kanu ?
Ahmad : kamu itu yah, suka sekali cari masalah sama aku.
Aris      : aku kan cuman menegakkan kebenaran saja.
Ahmad : kebenaran sih yah kebenaran.tapi kamu tidak ada hak untuk melarang aku !
Aris      : ini memang bukan hak aku untuk melarang kamu, tapi ini adalah peraturan sekolah.dilarang main game pada jam pelajaran !
Ahmad : memangnya, ada guru disini ?
Aris      : yah tidak ada sih, tapi ini kan sudah masuk jam pelajaran !terserah kamu deh !
Semuanya pun bubar kecuali dillah dan seketika dillah pun menemukan rancangan profil yang telah ia buat.
Dillah   : nah ini dia hasilnya !baguskan ?
Vivi      : sudah terlambat.
Dillah   : lihat dulu dong hasil rancangan yang aku buat.kan kasihan aku kalau tidak dilihat.
Vivi      : ya sudah deh.mari sini, biar aku lihat.waw, cetar membahana !
Tiba-tiba semua teman-teman pun dating dan menghampiri vivi untuk melihat rancangannya.
Ahmad : perfect !aku setuju.
Ardi &ruly : aku juga !
Aris      : lebay tau nggak sih.kalian semua itu buta yah.hal yang sejelek ini dibilang bagus.kamseupay kalian semua !
Ahmad : apa maksud kamu bilang begitu ?belum tentu juga kamu bisa berkarya seperti ini ! emang kamu bisa ?
Aris      : tidak sih…baiklah, aku terpaksa untuk setuju.
Vivi      : nah, begitu dong. Bagus !
Dillah   : terima kasih yah teman-teman atas pujiannya !
Vivi      : sama-sama !tapi kapan kita membawanya ke tempat sablon ?
Ahmad : nanti sore saja.hari ini kan tidak ada les sore !nanti kita kumpul di depan kantin dekat sekolah kita ajah. gimana, setuju kan ?
Teman-teman : oke !
…………………………………………….
Babak 2
Pada sore hari anak-anak akselerasi mulai berkumpul.satu demi satu mulai berdatangan.tetapi hingga hanya dillah dan vivi yang belum dating.
Aris      : aduh, mana sih dillah dan vivi ?kita kan sudah menunggu setengah jam.
Ahmad : iya nih.mereka berdua lama sekali.mereka pergi kemana sih ?
Ruly     : sabar dong, sebentar lagi mereka pasti dating kok.
Ardi     : iya ruly benar, kita harus sabar.mungkin mereka masih di jalan.sabar saja yah teman-teman !
Ahmad : mulai lagi deh ceramahnya, bosan !
Aris      : kalau mereka berdua sudah datang, kita harus mengintrogasinya !
Ahmad : kok kamu jadi lebay begini sih ris ?
Aris      : biarin !mana gerah begini lagi.nah, untung saja sekarang ada di depan kantin, kan aku bisa belanja minuman deh ! haus !kalian mau juga ?
Ahmad : tidak terima kasih !
Ardi     : aku mau !
Ruly     : aku juga yah ris !
Aris      : gimana dengan kamu mad.nanti kamu menyesal !lagi pula ini gratis loh !
Ahmad : ya sudah deh, aku mau !
Aris      : apa aku bilang, pasti dari awal kamu mau.kamunya saja yang malu-malu kucing.tunggu yah teman-teman !
Dan tiba-tiba vivi dan dillah pun datang.
Aris      : kalian berdua itu dari mana sih ?kami itu sudah menunggu kalian selama 1 jam.mana panas lagi.
Ahmad : paling mereka berdua dari slebor.kalian berdua itu jangan egois deh kalau pada saat-saat seperti ini.kasihan kita dong !
Vivi      : kalian jangan salah paham dong.tadi itu, ban motor kami kempes, jadi kami singgah dulu deh di bengkel.
Ruly     : sudah-sudah, jangan mengulur waktu.ayo kita berangkat.
Dillah   : tapi tempat sablonnya dimana ?
Ahmad : kalian semua ikutin aku saja yah.ayo kita berangkat !ruly kamu naik di motor ardi saja yah !
Mereka pun berangkat menuju ke tempat sablon.dan setibanya di tempat sablon, mereka mulai berbincang-bincang mengenai profil rancangannya yang akan di sablon.harga sudah mentok berdasarkan hasil musyawarah.setelah semuanya beres mereka pun pulang dan hanya tinggal menunggu hasilnya.
......................................................................
Babak 3
suatu ketika baju, spanduk, dan bendera mereka telah jadi dan vivi segera mengambilnya untuk mempertlihatkan kepada teman-temannya.
Vivi      : nah teman-teman, ini hasilnya.baju, spanduk, dan bendera kita udah siap dipakai untuk porseni nanti.bagus yah !
Dillah   : wah, tentu dong.siapa dulu dong, dillah !
Ahmad : nah, semua persiapan kita udah 50%.sekarang kita tentukan siapa-siapa saja yang ikut lomba.vi, kamu catat yah siapa-siapa saja yang mewakili kelas kita.nah teman-teman ayo kesini semuanya.kita akan menentukan siapa-siapa saja yang akan mewakili kelas kita di porseni nanti.kita memilihnya berdasarkan kemampuan dan potensi yang sesuai dari diri kita masing-masing.mengerti ?
Semua: iya mengerti !
Vivi pun mulai mencatatnya berdasarkan musyawarah teman-teman.
Vivi      : olahraga sudah, keagamaan sudah, seni sudah.nah tinggal lagi lomba sastra yang belum yaitu lomba mendongeng.bagaimana teman-teman, siapa yang akan mewakili kelas kita untuk lomba mendongeng ?
Aris      : aku saja, aku kan jago !
Ahmad : aku saja, lagi pula aku yang paling hebat untuk masalah seperti ini.kamu mengalah saja yah ris !biar aku saja yang ikut !
Aris      : heh, siapa kamu yang berani mengatur-atur aku ?pokoknya kalau bukan aku yang mengikuti kompetisi mendongeng, aku tidak akan ikut pada porseni nanti walaupun harus mengorbankan pakaian aku.
Dillah   : mad, kamu mengalah saja yah.biarlah aris yang mengikuti kompetisi mendongeng.
Ahmad : enak saja.aris itu sudah memiliki banyak peran, bagi-bagi sedikit dong.kan ini semua tidak adil.pokoknya aku yang harus ikut !titik !
Aris      : okey, baiklah aku tidak akan ikut di porseni nanti !
Ahmad : silahkan, lagi pula kamu itu tidak penting juga kali.
Ruly     : ahmad, please kamu mengalah saja yah !kami mohon ! mengertulah pada keadaan !
Ardi     : aduh, ya tuhan. Kenapa sih hanya karena masalah begini saja kita bertengkar.aneh banget, memang benar yah takdir kita memang harus sial !
Dillah   : tapi kita jangan khawatir, semua pasti ada jalannya.mudah-mudahan allah membukakan jalan pada kita semua.ahmad, kamu mau mengalahkan ?
Vivi      : iya mad, kamu mau kan ?
Ahmad : baiklah, ini semua demi kelas kita.
Vivi      : nah begitu dong. Aku catat yah !
Suatu ketika, ada suatu program study banding yang dilaksanak di Kediri dan ini membuat kelas akselerasi menjadi suatu tantangan.mengapa ?karena aris akan mengikuti program ini sehingga merelakan peran-peran yang akan diikutinya.
Ahmad : ris, kamu yakin akan menjalani ini semua ?kamu tidak kasihan dengan nasib kelas kita ?aku mohon ris, jangan mengecewakan kita ! siapa yang akan menggantikan peran-peran kamu nanti ? siapa ?
Ardi     : aris, kamu harus memikirkan ini dulu secara matang-matang.apakah kamu menganggap ini semua sudah menjadi langkah yang tepat untukmu ?
Ruly     : jadi, bagaimana dengan kelas kita ?ris, ayolah batalkan semua niatmu itu ! kami semua mohon sama kamu.aku takut kita tidak bisa menjadi yang terbaik.
Vivi      : iya ris.aku tidak menyangka yah semua akan menjadi seperti ini.terserah kamu deh.kalau ini memang yang terbaik buat kamu, kami semua tidak bisa memaksa !
Dillah   : mungkin kami semua sudah lancing sama kamu untuk membatalkan niat kamu.ya sudah kami minta maaf yah, terserah kamu deh.sekarang kami ikhlas kok !
Vivi      : ya sudahlah.kami ikhlas !
Aris      : maaf yah teman-teman, aku harus pergi.ini semua berdasarkan kemauan orang tuaku dan aku tidak bisa membantahnya.sekali lagi maaf yah !
Ruly     : selamat jalan ris, semoga kamu selamat hingga sampai ke tujuan dan tiba kembali di sini dengan selamat.
Ardi     : iya ris.hati-hati yah !
Dillah   : oh iya, jangan lupa oleh-olehnya yah ris buat kita semua !
Aris      : insya allah !
Ahmad : jangan lupakan kita ya ris !komunikasi kita harus tetap lancer yah ?
Aris      : pasti deh teman-teman !
Akhirnya aris pergi melaksanakan study banding di Kediri dan sedangkan teman-temannya berjuang dengan sekuat mungkin.untuk saat-saat awal, kelas akselerasi memimpin dengan medali emas terbanyak.jumlah perolehan medali selalu akan berubah, ini diakibatkan persaingan yang ketat.kekecewaan dirasakan oleh kelas akselerasi 2.point medali emasnya tergeserkan oleh kelas lain.dan pada saat-saat itu pula aris mulai datang.
Dillah   : aris telah datang !mudah-mudahan dengan kedatangan aris lagi, kelas kita bisa menjadi juara umum satu.walaupun perolehan medali kita terkalahkan.
Aris      : tidak usah khawatir teman-teman.kita berdoa saja dan aku akan berjuang semaksimal mungkin.
Vivi      : iya ris, mudah-mudahan dengan adanya kamu, keadaan akan berubah.
Ardi & ruly: amin !
Aris      : ya sudah tinggal kompetisi apa lagi yang belum terlaksanakan ?
Ahmad : drama ris !
Aris      : ya sudah.bagaimana kita mementaskan drama kita saja yang dulu !
Ahmad : betul sekali itu !
Aris      : nah aku akan mengurus segala propertinya dan kalian semua menghafal naskahnya.oke ?
Semua  : oke !
Akhirnya semua berjalan.tapi tetap saja kelas akselerasi tidak bis meraih juara satu.mungkin itulah takdir yang harus mereka terima.mereka semua merasa sedih.kehancuran mengiris hati mereka.
Ardi     : kita semua tidak boleh sedih, kita semua harus tetap tersenyum.kita kan sudah berusaha semaksimal mungkin.lagi pula kita meraih juara umum tiga.
Ruly     : benar, tidak ada lagi yang harus kita sesalkan.kita semua harus selalu tersenyum.
Vivi      : iya benar.senyum itu kan indah.
Ardi     : nah apa aku bilang, takdir kita tidak buruk kan.buktinya kita masih bisa menjadi juara umum tiga.
Dillah   : betul itu, kita semua harus selalu senyum dan semangat.walaupun badai menghadang, keceriaan harus menjadi prinsip kita.semangat !
Ahmad : nah sekarang kita tidak boleh menyalahkantakdir.karena ini semua,
Semua  : bukan salah takdir !
Akhirnya merka menjadi bersatu.keceriaan mulai tertenama, kegembiraan, keharmonisasian, dan senyumana.walaupun mereka tidak menjadi yang terbaik, tetapi mereka tetap semangat.

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Labels