My Comunity

Komunitas Blogger Wajo

Home » » Kalimat Majemuk

Kalimat Majemuk



 Kalimat majemuk

1.      Kalimat majemuk setara
- Adik belajar membaca dan menulis.
- Kakak terlihat cantik dan anggun memakai baju itu.
- Sekarang kamu pergi belajar atau cuci piring.
- Paman datang tidak membawa kue melainkan membawa sayur.
- Ayah membaca Koran tetapi ibu membaca majalah.
- Cici pergi ke sekolah tetapi adik pergi ke Mall.
- Iwan malas belajar oleh karena itu ia tidak naik kelas.
- Wati sering menonton TV sebab itu ia jadi anak malas.
- Joni sedang sakit oleh karena itu ia tidak masuk sekolah.
- Kakak menyiram bunga dan memotong rumput.
2.      Kalimat majemuk bertingkat
- Sejak anak-anak, saya sudah terbiasa hidup sederhana.
- Jika Anda mau mendengarkannya, saya akan bercerita.
- Pembangunan balai desa ini akan berjalan lancar andaikata seluruh warga mau berpartisipasi.
- Saya mengerjakan tugas itu sampai malam agar besok pagi dapat mengumpulkannya.
- Walaupun hatinya sedih, ibu itu tidak mau menangis di hadapan anakanaknya.
- Bu Tati menyayangi kemenakannya seperti beliau menyayangi anakanaknya.
- Rencana penyelenggaraan pentas seni di sekolah saya ditunda karena para pengisi acara belum siap.
- Pada saat ini harga buku memang sangat mahal sehingga kami tidak sanggup membelinya.
- Anak itu diam saja seolah-olah dia tidak melakukannya.
- Dia pura-pura tidak tahu, padahal dia tahu banyak hal.
- Wajah Tono cemberut, makanya saya takut untuk mendekatinya.
- Ia tidak tahu bahwa ayahnya seorang karyawan teladan.
- Bibi saya yang tinggal di Surabaya bulan depan menunaikan ibadah haji.
- Kita perlu memberikan sumbangan kepada para korban bencana.
3.      Kalimat majemuk campuran
- Toni bermain dengan Kevin.
-  Rina membaca buku di kamar kemarin.
-  Ketika aku datang ke rumahnya. Toni bermain dengan Kevin dan Rina membaca buku di kamar.
- Ketika Paan pergi, Bibi sakit, Ibu memasak di dapur
- Nenek membaca majalah ketika kakek pergi ke pasar dan tidak ada pekerjaan lain yang harus diselesaikan.
- Karena ayah sedang kesulitan, kakek mengambil uang di tabungan dan memberikannya kepada ayah.
- Kami telah menyelenggarakan sebuah  tablik akbar yang dihadiri oleh masyarakat Pematang Pudu serta dihadiri pula oleh para pejabat kecamatan dan kelurahan.
- Pak Yudi mengajarkan cara menulis puisi yang benar dan Pak  Salman mengajarkan teknik berpidato yang memikat  agar siswa SMA IT Mutiara mempunyai bekal yang memadai dalam hal keterampilan berbahasa.
- Ayah memberitahukan bahwa aku mendapat juara pertama dan ibu sangat terkejut.
- Ketika aku terjatuh dari sepeda di halaman, adik sedang bermain di kamarnya sedangkan ibu menyiapkan makanan di dapur.

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Labels