My Comunity

Komunitas Blogger Wajo

Home » » Mahasiswa Teknik Unhas Sebagai Agent Of Change Dengan Gerakan Aktif Tanpa Kekerasan

Mahasiswa Teknik Unhas Sebagai Agent Of Change Dengan Gerakan Aktif Tanpa Kekerasan


GOWA-- Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Gowa berkomitmen untuk mewujudkan kampus tanpa kekerasan. Komitmen ini dituangkan dalam petisi "Teknik Damai Tanpa Kekerasan" yang dideklarasikan di sela pelatihan Peer Mentor dan Training of Trainer Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin di kampus Unhas Gowa, Minggu (31/7).
Petisi ini berisi tiga poin pernyataan sikap yakni, menolak segala bentuk kekerasan fisik, verbal, dan mental di fakultas teknik, bersedia mewujudkan budaya gerakan tanpa kekerasan berdasarkan nilai-nilai kebenaran dan kemanusiaan, menjunjung tinggi solidaritas, dan loyalitas berdasarkan asas kekeluargaan.
Salah seorang mahasiswa, Dwiki Timur Pratama mengatakan, petisi ini merupakan komitmen bersama seluruh mahasiswa untuk mengubah citra Fakultas Teknik Unhas yang selama ini sering diidentikkan dengan budaya kekerasan. Menurut dia, citra buruk yang selama ini melekat di masyarakat itu harus segera diubah.
"Fakultas Teknik Unhas ke depan harus menjadi kampus berkemajuan yang damai tanpa kekerasan," katanya.
Ia menambahkan, kampus Fakultas Teknik Unhas Gowa nantinya mesti bebas dari tindak kekerasan baik fisik maupun psikis. Kampus harus kembali lebih dihidupkan dengan aktivitas-aktivitas keilmuan, seperti diskusi ilmiah, penelitian, dan lain sebagaianya.
"Setelah deklarasi komitmen ini, kami akan melakukan aksi kampanye di lingkungan kampus agar cita-cita ini bisa terwujud. Seperti membudayakan diskusi dan menulis," kata Dwiki.
Wakil Dekan III Fakultas Teknik Unhas, Daeng Paroka, Phd menyambut baik komitmen perubahan itu. Menurut dia, penghapusan budaya kekerasan di kampus Unhas adalah sebuah keharusan.
"Kampus kita sudah bertransformasi dari Tamalanrea ke Gowa. Maka, sudah seharusnya citra buruk ini juga diubah," kata dia.
Komitmen mewujudkan kampus tanpa kekerasan ini merupakan kesimpulan akhir dari pelatihan Peer Mentor dan Training of Trainer Fakultas Teknik Unhas yang digelar sejak 29-31 Juli 2016. Pelatihan ini diselenggarakan dan dikelola oleh Bagian Kemahasiswaan Fakultas Teknik Unhas bekerjasama dengan lembaga pemberdayaan Pattingalloang Muda Institute.
Pelatihan ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti diskusi ilmiah, bedah film, outbond, talkshow dan ajang unjuk kreativitas yang digelad diakhir acara.(*)


 

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Labels